Minggu, 28 Juli 2013

OTO SUGESTI, MERUBAH KATA TIDAK BAIK MENJADI LEBIH BAIK

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita mengabaikan betapa pentingnya setiap kata yang kita keluarkan dari mulut kita. Dari segi ilmu... thumbnail 1 summary
http://ajilbab.com/dibujos/dibujos-naruto-lapiz-graffiti-imagen.htmhttp://hypnosis45.com/definisi_hypnosis.htm
Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita mengabaikan betapa pentingnya setiap kata yang kita keluarkan dari mulut kita. Dari segi ilmu psikologi, kata-kata merupakan hal yang penting diperhatikan karena dapat menentukan hidup kita. Berikut beberapa tips yang disampaikan oleh Dra Retno IG Kusuma, psikolog dalam menggunakan kata-kata:
§  Gunakan kata-kata berenergi tinggi dan berdaya kuat seperti: gembira, riang, sukses, yakin, menyenangkan, baik, sabar dan cinta, yang beresonansi pada frekusensi yang tinggi.
§  ketika mengucapkannya maka kata-kata tersebut akan bergetar dengan getaran yang lebih tinggi dan cepat oleh karenanya akan dapat meningkatkan perasaan anda.
§  Hilangkan kata-kata negatif dengan cara: kata-kata yang berenergi rendah terutama berhubungan dengan emosi negatif seperti: jengkel, benci, kesedihan, iri, pesimisme dan kegagalan, beresonansi pada frekuensi yang lebih rendah. hal ini akan membuat anda kurang bergembira dan menurunkan tingkat energi anda.
Kajian BBC News th 2003:
Peneliti dari university of Wisconsin mengukur kegiatan listrik otak 50 orang dewasa. Mereka yang memiliki aktivitas tertinggi pada korteks prafontal kanan (para pesimistis) nyaris tidak bereaksi pada vaksin flu. Sementara yang beraktivitas tertinggi pada korteks prafrontal kiri (para optimistik) memilki sitem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan menghasilkan lebih banyak antibodi dalam merespon vaksin. juga ditemukan bahwa menjadi bahagia akan membuat umur anda lebih panjang 9 tahun.
Fokuskan bahasa anda pada “baik” maka anda akan mendapatkan dua kali lipat hasil dibandinkan jika anda fokus pada kata atau hal-hal buruk. Kata-kata berenergi tinggi menunjukkan dominasi terhadap kata-kata berenergi rendah, sehingga kita akan cenderung optimis.
KIAT-KIAT PENGGANTIAN KATA-KATA DAN KALIMAT YANG BAIK
1.       Karena & sekarang –> gunakan kata ini sesering mungkin. Akal bawah sadar menyukai kata “karena”, sebab kata tersebut menjawab pertanyaan mengapa ?. Sementara itu, akal bawah sadar juga menyukai kata “sekarang” karena ini seperti menekan tombol “enter” di keybord komputer, dimana ia langsung bertindak.
2.       Masa kini –> bicaralah dalam kalimat masa kini seakan-akan itu sudah terjadi(dan realistis sehingga akal bawah sadar percaya bahwa hal itu akan terjadi.
3.       Sukses + Kesehatan –> ketika anda merencanakan sesuatu yang diharapkan sukses, tambahkan kaitan dengan kesehatan: ” USAHA BARUKU SEKARANG INI SUKSES KARENA DENGAN MEMLIKI LEBIH BANYAK UANG DI BANK AKU BISA LEBIH RILEKS DAN SEHAT”. Dengan begitu arah utama akal bawah sadar adalah menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh.
4.       Hindari kata “Jangan” –> hindari kata “jangan” (melakukan sesuatu) ketika berhadapan dengan orang lain, karena dia justru akan melakukan apa yang kita larang. Contoh: “jangan memecahkan dan menjatuhkannya !” gantilah dengan ” pegang yang baik dan erat ya !!”.
5.       Hindari “harus dan Seharusnya” –> kata-kata yang terkandung adalah kesan kewajiban serta emosi, yang melatarbelakanginya adalah kekesalan. Contoh: Aku harus megerjakan pekerjaanku” ganti dengan “Aku siap mengerjakan pekerjaanku sekarang”.
6.       Singkirkan kata “Coba” –> dalam hipnoterapi kata tersebut digunakan untuk memastikan bahwa seseorang akan gagal. Singkirkan kata “coba’ dalam perbendaharaan kata anda. “Saya mencoba menjadi sukses” gantilah dengan ” Setiap hari saya semakin sukses”.
7.       Singkirkan kata “Tetapi” –> kata tetapi bisa mengandung penilaian, gantilah dengan kata “dan”. “tetapi” adalah kata yang biasanya dilanjutkan dengan seuah alasan untuk tidak melakukan perubahan. Contoh: “Kamu melakukannya dengan baik tetapi kamu perlu memperbaiki penampilanmu” gantilah dengan “Kamu melakukannya dengan baik dan akan lebih baik lagi dengan memperbaiki penampilanmu”.
GANTI SEGERA DAN BIASAKAN :
Dengan sesering mungkin membiasakan dan memikirkan GANTI, anda otomatis beralih ke kata kunci yang berenergi tinggi. Pilih satu kata, tuliskan, gunakan, tindak lanjuti, hidupi dan nafasi sepanjang hari…..Berlatih mengganti kata-kata berenergi rendah dengan kata-kata berenergi tinggi maka sikap anda akan berubah dan hidup akan membaik secara dramatis. Carilah teman yang akan selalu mengingatkan kita untuk mengganti kata-kata kita menjadi berenergi tinggi.
MARI BERLATIH !!!        SEMOGA SUKSES
 Sumber : www.klungkung2.diskesklungkung.net